PROGRAM INVESTASI KEHUTANAN
PROYEK-II

Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Alam Lestari Berbasis Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan




img
Panen Perdana Jagung .

PELAIHARI, INHUTANI III (08/03/2021) | PT Inhutani III dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Wana Kencana melaksanakan panen perdana tanaman jagung di areal kerja Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Inhutani III Unit Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan (5/3). Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Manager PT Inhutani III Pelaihari, Murjadianto.

KTH Wana Kencana memulai kerjasama dengan PT Inhutani III pada bulan November 2020 melalui program Perhutanan Sosial (PS) sebagai bentuk kemitraan dengan masyarakat. PT Inhutani III berharap bisa membantu masyarakat melalui kelompok tani dengan mereka menggarap lahan seluas ±200 ha dan memilih tanaman jagung sebagai komoditi utama.

Direktur Utama PT Inhutani III, B.M. Setio Baskoro di tempat terpisah menyampaikan, “Kehadiran PT Inhutani III di areal ini harus dirasakan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, mengurangi konflik lahan, dan menimbulkan kesadaran untuk ikut serta dalam menjaga hutan. Semoga panen perdana ini bisa menjadi andil pada Program Pemulihan Ekonomi Nasional.”

Para petani pun secara umum optimis dengan kegiatan Perhutanan Sosial ini akan meningkatkan perekonomian keluarga mereka mengingat Kabupaten Tanah Laut merupakan sentra tanaman jagung di Kalimantan Selatan dan terdapat beberapa pabrik pakan ternak yang beroperasi sehingga pemasaran relatif mudah.

Terjalinnya kerjasama PT Inhutani III dengan KTH Wana Kencana ini atas arahan dan bimbingan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tanah Laut selaku pembina teknis bidang kehutanan. (Kom-IHT3/DPN)

Editor : Ywn

Sumber : https://www.inhutani3.co.id/2021/03/10/pt-inhutani-iii-dan-kth-panen-perdana-jagung-hasil-kerjasama-perhutanan-sosial/


×

Informasi pengguna


Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

  • user

× Avatar
Lupa sandi?

×

Informasi pengguna


Belum ada komentar