PROGRAM INVESTASI KEHUTANAN
PROYEK-II

Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Alam Lestari Berbasis Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan




img
Pohon Ulin.

PELAIHARI – Dalam rangka menindaklanjuti program Penanaman Po­hon Ulin, se-Kalimantan Selatan, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Tanah Laut melanjutkan kegiatan penanaman pohon di kawasan hutan jati Kantor Bupati Tanah Laut, di Pelaihari, Jum’at (19/2).

Kegiatan itu dijadwalkan akan dilaksanakan setiap hari Jum’at di beberapa titik sebagai sarana edukasi seperti di Hutan Kota dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pelaihari.

Adapun jenis pohon yang ditanam tidak hanya bibit ulin, namun juga bibit pohon meranti dan kayu kuku yang termasuk tanaman endemik.

Sesuai arahan Bupati Tanah Laut, Kawasan Hutan Jati akan dijadikan sebagai sarana pendidikan atau sarana pengenalan tumbuhan endemik Ka­limantan Selatan. Hal ini tentunya agar generasi penerus tidak asing dengan tumbuhan pohon ulin serta nantinya dapat disadari pentingnya memelihara dan melestarikan pohon ulin.

Kepala KPH Tala, Rahmad Riansyah menyampaikan akan memotivasi para masyarakat serta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memperhatikan kelestarian alam melalui menanam pohon dan tentunya langkah ini juga membuat lingkungan perkantoran lebih asri.

“Sesuai dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan upaya penanaman pohon ini dapat mewujudkan forest city yaitu kota berhutan,” ujarnya.

Rahmad menyampaikan bibit pohon ulin ini mempunyai orang tua asuh sehingga nantinya bisa mem­be­ri­kan dukungan untuk kelangsungan hidup bibit pohon yang telah ditanam.

Bagi masyarakat yang ingin ikut melestarikan tanaman endemik bisa memperoleh bibit secara gratis. Bibit bisa didapatkan di KPH dengan menyertakan informasi dimana bibit itu akan ditanam. ris/ani

Sumber : https://matabanua.co.id/2021/02/23/lestarikan-alam-melalui-penanaman-pohon/


×

Informasi pengguna


Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

  • user

× Avatar
Lupa sandi?

×

Informasi pengguna


Belum ada komentar