PROGRAM INVESTASI KEHUTANAN
PROYEK-II

Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Alam Lestari Berbasis Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan




img
Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Lingkungan Hidup (DPRKPLH) bersinergi dengan komunitas Cyber Adventure Indonesia (CAI) dalam agenda penanaman bibit pohon di kawasan habitat Bekantan di Desa Panjaratan Kec. Pelaihari, Minggu (13/12).

Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Lingkungan Hidup (DPRKPLH) bersinergi dengan komunitas Cyber Adventure Indonesia (CAI) dalam agenda penanaman bibit pohon di kawasan habitat Bekantan di Desa Panjaratan Kec. Pelaihari, Minggu (13/12). Giat tersebut turut didukung oleh organisasi Orangutan Foundation International (OFI) dari Kalimantan Tengah, Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tala, Gahipbta Panjaratan, Pokdarwis Surai Bekantan Panjaratan, Karang Taruna Panjaratan, Sekolah Adiwiyata Kab. Tanah Laut, dan Mapala Politala.

Penanaman bibit pohon yang dilakukan di kawasan habitat Bekantan Desa Panjaratan merupakan bentuk kampanye penyelamatan habitat Bekantan yang dirasa semakin memprihatinkan. Sebagai maskot Kalimantan Selatan yang juga terancam kepunahan, diperlukan perhatian dari semua pihak untuk melestarikannya. Demikian disampaikan Head Project Officer CAI Eka Prasetya Aneba yang bertindak sebagai koordinator kegiatan kali ini.

"Pergerakan kami sudah beberapa tahun ini terlibat dalam penanaman bibit pohon dalam upaya mendukung pelestarian alam. Kali ini kita mengupayakan pelestarian habitat Bekantan yang terancam punah karena habitatnya yang semakin berkurang", tutur Eka.

Selain bantuan bibit pohon dari KPH Tala, ratusan bibit pohon jenis Ndoking dan Medang Natai didatangkan khusus dari Pangkalanbun Kalimantan Tengah oleh organisasi Orangutan Foundation International (OFI), demikian disampaikan Koordinator Kampanye OFI Dorprawati Siburian yang menjelaskan habitat Bekantan dan Orangutan yang tidak jauh berbeda dan memang perlu perhatian.

"Kita dari OFI turut tergerak dengan aksi pelestarian Bekantan melalui penanaman pohon ini. Karena bila bibit pohon yang kita tanam tumbuh subur, tidak hanya habitat Bekantan yang terselamatkan namun juga Orangutan. Semoga apa yang kita tanam bisa dijaga, pohon yang sudah ada jangan ditebang", pesannya.

Upaya peduli lingkungan yang dilakukan oleh komunitas pecinta alam tersebut diapresiasi Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (PPKPLH) Adi Rahmani. Menurutnya, peran melestarikan lingkungan adalah peran seluruh masyarakat. Dinas PRKPLH pun menyambut baik apabila kegiatan serupa kembali diadakan dan siap mendukung kegiatan tersebut.

"Kita dari Pemkab Tala khususnya pada Bidang PPKPLH mengapresiasi kegiatan pelestarian alam di Desa Panjaratan yang didukung oleh komunitas pecinta alam Tanah Laut bahkan ada yang dari Kalimantan Tengah. Semoga aksi ini juga menggerakkan warga lainnya untuk peduli akan habitat Bekantan di Tanah Laut", pungkas Adi. (Diskominfo Tala)

Sumber : https://portal.tanahlautkab.go.id/dprkplh-bersama-komunitas-pecinta-alam-tanam-ratusan-bibit-pohon-di-kawasan-bekantan-desa-panjaratan


×

Informasi pengguna


Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

  • user

× Avatar
Lupa sandi?

×

Informasi pengguna


Belum ada komentar