PROGRAM INVESTASI KEHUTANAN
PROYEK-II

Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Alam Lestari Berbasis Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan




img
Penanaman Pohon Buah.

Topwarta.com,Pelaihari- ” Jangan selalu berasumsi dan beranggapan bahwa apa yang kita tanam saat ini maka harus kita pula yang menikmati, bibit yang kita semai biarlah anak cucu kita yang menuai ” ( 30/11/20 )

Ungkapan tersebut diucapkan oleh Ketua Komisi IIDPRD Provinsi Kalimantan Selatan Imam Suprastowo saat bersama KPH Tanah Laut, KTH Sakatalu Berkarya, Cyber Adventure Indonesia dan Sarinah Perjuangan Tanah Laut di Desa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin dalam kegiatan Penanaman Pohon Untuk Kelestarian Hutan.

Lebih lanjut Imam mengungkapkan, hal tersebut sudah merupakan kewajiban kita, karena saat ini kita sudah menikmati apa yang dahulu telah orang tua kita tanam.
Dirinya mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan agar kedepannya anak cucu kita juga bisa menikmati.

Berbagai macam bibit tanaman yang ditanam saat ini kedepan bukan hanya menghasilkan batang dan buah, namun ada hasil lain yang lebih bermanfaat yaitu oksigen.
” Manusia hidup butuh oksigen dan itu kita dapat gratis dari tanaman, coba kalau seandainya kita harus beli, berapa biaya yang harus kita keluarkan setiap tabungnya ” ucap Imam.

Kepada KPH Tanah Laut Imam berharap kedepannya bisa menjadi KPH Mandiri, yang bisa membiayai dirinya sendiri, seperti yang diwacanakan sejak tahun 2019.
Sebagaimana di ketahui di Kabupaten tidak ada Dinas Kehutanan, adanya hanya di Provinsi, sehingga pengawasan dan pengelolaan hutan menjadi tanggung jawab KPH setempat.

DPR selaku penetap anggaran akan selalu mendukung dan memfasilitasi apa-apa yang diperlukan agar KPH Mandiri bisa segera terealisasi.
” Eksekusi tetap di lakukan oleh KPH selaku pengguna anggaran, karena DPR hanya menetapkan anggaran, bukan pengguna anggaran ” tegas Imam.

Kepala KPH Tanah Laut, Rahmad Riansyah,SHut menambahkan berbagai jenis tanaman buah-buahan mulai dari kelengkeng, durian, alpukat hingga tanaman hias pun turut ditanam di area seluas satu hektar sebagai tahap awal.
” kita berharap ke depan selain menikmati wisata alam berupa air terjun dan Goa Marmer, pengunjung yang datang juga bisa menikmati wisata buah, pemandangan di sepanjang jalan yang dilalui pun menjadi semakin indah ” ucapnya.

Penulis : Tony Widodo

Sumber : https://topwarta.com/imam-suprastowo-ingatkan-warga-jangan-berpikiran-langsung-mau-hasil-saat-menanam/


×

Informasi pengguna


Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

  • user

× Avatar
Lupa sandi?

×

Informasi pengguna


Belum ada komentar