PROGRAM INVESTASI KEHUTANAN
PROYEK-II

Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Alam Lestari Berbasis Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan




img
Petani Madu.

Pembinaan KTH madu Madu Abadi Dalam Pengelolaan HHBK BKPH Batulanteh melalui tim yang terdiri dari : Agung Deni Payana,Hasrul Nugraha,Khalidah, H.Syamsudin, Dedy Kusuman Jaya, Yoman Putriadi Pada hari Rabu Tanggal 08 Juli 2020 di Lokasi Hkm Madu Abadi tepatnya di lokasi Orong Pasir Desa Olat Rawa Kecamatan Moyo Hilir. Titik Koordinat X:564680 Y:9058208 Dilakukan dalam rangka mengoptimal potensi HHBK yang ada sekitar wilayah RPH Gili Ngara-Dangar-Olat Lake Dalam upaya peningkatan pendapatan Masyarakat sekitar.

Adapun proses kegiatan yaitu bersama anggota kelompok madu abadi yang dipimpin langsung oleh ketua Kelompok H.Syamsudin melakukan pemanenan madu secara tradisional. Metode yang digunakanan adalah dengan cara pengasapan, memanfaatkan ranting-ranting pohon dan tumbuhan yang masih muda disekitar. Kemudian diikat dengan ranting ranting kayu yg sudah kering. Berdasarkan hasil wawancara dengan ketua kelompok(H.Syam) dan pengamatan lapangan diketahui bahwa tidak ada perbedaan cara memanen madu lebah hutan dari setiap pemanenan, mereka rata rata masih menggunakan metode sederhana ini. Konon katanya lebah lebah trsebut takut dengan asap sehingga saat ada asap para lebah meninggalkan sarangnya.

Pemanenan madu sering dilakukan oleh kelompok Tani madu abadi pada akhir musim kemarau hingga awal musim penghujan. Karena pada musim kemarau lebah lebah pekerja mengumpulkan nektar dari bunga yang ada disekitar sarang. Pada umumnya bulan bulan panen ini berkisar antara september dan desember setiap tahunnya. Untuk hasil pemanenan madu para petani bisa menghasilkan madu sekitar/berkisar 5 liter sampai dengan 10 liter. Adapun jenis lebah yg terdapat dilokasi orong pasir yaitu lebah Apis Andreniformis yang mana jenis lebah ini merupakan species yang ukuran tubuhnya paling kecil, dapat ditemukan ditempat terbuka, biasanya mengantung diranting atau dahan semak semak atau pohon kecil serta terlindung daun daunan. Manfaat dari lebah madu yaitu madu sebagai produk utama berasal dari nektar bunga merupakan makanan yang snagat berguna bagi pemeliharaan kesehatan, obat obatan,kosmetik dan Farmasi.

Kegiatan pengelolaan hutan harus memberi manfaat nyata bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat seiring dengan peningkatan produktifitas hutan serta terpeliharanya kelestarian hutan.

MARI BERSAMA - SAMA MENJAGA ALAM DAN LINGKUNGAN SEBAGAI WARISAN BAIK BAGI ANAK CUCU KITA. TETAP SEMANGAT, JAGA KESEHATAN DAN UTAMAKAN KESELAMATAN DALAM BEKERJA.

Salam Lestari

Salam Lingkungan Sehat

Sumber : https://www.facebook.com/balaikph.batulanteh


×

Informasi pengguna


Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

  • user

× Avatar
Lupa sandi?

×

Informasi pengguna


Belum ada komentar