PROGRAM INVESTASI KEHUTANAN
PROYEK-II

Peningkatan Pengelolaan Sumber Daya Alam Lestari Berbasis Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan




img
Penyerahan bibit cabe .

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bupati Tanahlaut, H Sukamta menerima secara simbolis bibit cabai dari KPH Tanahlaut. Bibit cabai ini selanjutnya bakal diserahkan kepada 5.000 ASN di Kabupaten Tanahlaut. Setiap, ASN akan mendapatkan dua batang cabai.

"Alhamdulillah Kabupaten Tanahlaut juga sudah menerima bibit cabai secara simbolis tinggal pendistribusian saja lagi," ujar Sukamta kepada Banjarmasinpost.co.id, Rabu (8/4/2020). Sebanyak 144.560 batang bibit lombok akan didistribusikan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan kepada seluruh ASN di Kalimantan Selatan. Hal ini merupakan sebagai langkah antisipasi terhadap inflasi daerah yang disebabkan oleh tidak kontinyunya produksi komoditas cabai di Provinsi Kalimantan Selatan, sebagaimana yang terjadi pada tahun 2019 lalu.

Melihat hal tersebut, Dinas Kehutanan mengambil langkah antisipasi dengan mempelopori gerakan ‘Budaya Menanam Cabai’ lingkup masyarakat Kalsel. Maka dari itu  Dinas Kehutanan telah menyiapkan bibit cabe siap tanam sebanyak kurang lebih 144.560 batang yang tersebar di seluruh KPH dan UPT Dinas Kehutanan untuk dibagikan kepada ASN / masyarakat se-Kalimantan Selatan.

Bibit cabai tersebut merupakan hasil persemaian Dinas Kehutanan yang mana biji/benihnya didapat dari bantuan Dinas Pertanian Tanam Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel.

“Komoditas cabe ditahun 2019 gagal, sehingga berdampak pada inflasi, maka itu Pemerintah Provinsi melalui Bapak Gubernur, mencanangkan kepada masyarakat serta ASN lingkup Kalimantan Selatan untuk menanam cabe, dan kami sudah menyiapkannya di KPH dan UPT Dishut,” ujar Kadishut, Hanif Faisol N. Menurut data BKN Regional VIII Kalimantan, jumlah ASN yang ada di seluruh Kalsel sebanyak 71.594 orang. Berbanding dua kali lipat dengan jumlah bibit cabe siap tanam yang disiapkan Dinas Kehutanan.

Saat ini sudah diserahterimakan secara simbolis bibit cabai sebanyak seratus ribu bibit oleh KPH Kayu Tangi sebagai bantuan dari Gubernur Kalimantan Selatan  ke Bupati Kabupaten Banjar. Selain itu juga sudah diserahkan bibit cabai untuk Pemkab Tanahlaut. Penyerahan didampingi oleh pejabat esselon IV KPH Tanahlaut serta dari Pemda Tanahlaut, Setda dan Asisten II.

Sementara itu untuk di provinsi maupun kabupaten lainnya menyusul akan diserahterimakan juga bibit cabai oleh perwakilan UPT dan KPH yang ada di daerah.

"Sedianya bibit-bibit tersebut rencananya akan diserahterimakan secara serempak di seluruh Kabupaten dan Kota, namun dikarenakan adanya wabah virus corona yang saat ini kita alami, menjadikan acara serat terima tersebut tidak dapat dilaksanakan secara serempak," tambah Hanif. (banjarmasinpost.co.id/milna sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo

sumber : https://banjarmasin.tribunnews.com/2020/04/09/atasi-inflasi-kph-tanahlaut-beri-bibit-cabai-gratis-untuk-asn-di-tala


×

Informasi pengguna


Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

  • user

× Avatar
Lupa sandi?

×

Informasi pengguna


Belum ada komentar